[email protected] (021) 7823975

Domba Batur, Ternak Unggulan di Dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara

UPLAND Project, BANJARNEGARA - Banjarnegara adalah satu dari 35 Kabupaten Kota di Provinsi Jawa Tengah. Karakteristik wilayah dataran hanya sekitar 15 % dan hal ini berdampak pada mata pencaharian penduduk Banjarnegara adalah pertanian. 

Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banjarnegara, Totok Setya Winarna, mengatakan pertanian di Banjarnegara sangat perlu dikembangkan demi perkembangan Banjarnegara. Selain Produksi Kopi yang tinggi, di Banjarnegara sendiri juga memiliki komoditas unggulan adalah Domba Batur, dimana populasinya sekitar 9.444 ekor Domba Batur dan 142.000 ekor Kambing.

UPLAND Project ini dibiayai oleh IsDB dan IFAD dimana di Banjarnegara ada 33 kelompok 23 desa dan 4 kecamatan, meliputi kecamatan Kalibening, kejawaran, magetan dan batur. Dana yang di terima Banjarnegara dari UPLAND adalahs ekitar 55,917 Miliyar pertahun untuk membiayai jalan usaha tani yang kurang lebih sekitar 21 kilometer, dan membiayai pompa kurang lebih sekitar 14 km. dan memperbanyak kegiatan populasi domba batur yang akan di budidaya Masyarakat sekitar”, ujar Totok.

Domba Batur adalah domba unggulan khas Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah yang banyak dipelihara oleh peternak di desa-desa di Kemacatan Batur yang berada di dataran tinggi Dieng sejak 1974. 

Domba Batur adalah hasil dari persilangan domba lokal ekor tipis dan dompa texel. Berdasarkan keputusan Menteri Pertanian No 2916/ktps/OT.140/6/2011 Domba Batur telah ditetapkan sebagai domba unggulan nasional. Selain mempunyai keseragaman bentuk fisik dan kemampuan adaptasi yang baik, Domba Batur juga potensial sebagai pedaging unggulan serta domba penghasil wool. 

Sebagai penghasil wool, Domba Batur Banjarnegara memiliki warna bulu putih susu, sedikit mengkilap yang hamper menutupi seluruh permukaan tubuh. Bobot Domab Batur yang besar juga menjadi daya Tarik utama bagi peternak. Bobot Jantan dewasa dapat mencapai 90 – 120 Kg, sedangkan betina 80 – 100 kg. 

Saat ini, banyak kelompok peternak di daerah dataran tinggi Dieng yang memanfaatkan wilayah dengan ternak Domba Batur.