[email protected] (021) 7823975

Dukung Revolusi Hijau Dengan Pertanian Organik

UPLAND Project, Jakarta - Makanan menjadi salah satu kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi setiap harinya.

Di Indonesia sendiri, banyak masyarakat yang menggantungkan diri dengan makanan pokok berupa besar. Beras menjadi makanan pokok bagi sebagiana besar masyarakat Indonesia dan harus dipuaskan dengan kualitas yang memadai dan harga yang terjangkau.

Peningkatan beras secara kualitas juga harus seimbang dengan kuantitas, sehingga masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan akses ke sumber makanan sehat dengan ketersediaan yang melimpah.

Salah satu upaya untuk menghasilkan pangan yang sehat adalah dengan mengoptimalkan pertanian organik yang bebas dari senyawa sintetis saat proses penanaman.

Pertanian organik menjadi cara untuk menghindari penggunaan bahan kimia sebagai pupuk, zat pertumbuhan dan pestisida. Sistem pertanian organik menjadi sistem produksi holistik yang secara alami mengoptimalkan kesehatan dan produktivitas agroekosistem, menghasilkan pangan dan serat yang cukup, berkualitas tinggi, dan berkelanjutan.

Pertanian organik dapat dilakukan dengan mengganti pupuk kimia dengan pupuk yang berasal dari daur ulang sampah organik. Cara ini juga dapat turut mendukung gerakan Revolusi Hijau tahun 1970-an.

Para petani juga dapat tetap memperhatikan nutrisi tanaman dnegan memenuhi kebutuhan hara tanaman dengan mendaur ulang hara tanaman dan memperbaiki struktur fisik-kimia tanah. Misalnya dapat menggunakan pupuk kandang, atau pupuk kompos dan menghindnari benih tanaman dari prduk rekayasa genetika atau organisme hasil ekayasa genetika.

Pengendalian hama juga tidak lagi menggunakan pestisida kimia, melainkan dengan cara seperti pemetikan manual, dan pemusnahan tanaman sakit.

Oleh karena itu, teknik budidaya organik merupakan teknik budidaya yang sama dengan teknik konvensional. Pertanian organik secara tidak langsung dapat membantu menjaga keseimbanagan ekosistem dan memperbaiki kesehatan masyarakat.

Terima kasih telah membaca artikel kami. Kami ingin mengajak Anda untuk terus menjelajahi dan memperdalam pengetahuan Anda. Temukan berita terbaru dan artikel bermanfaat dengan mengklik tautan berikut upland.psp.pertanian.go.id.