[email protected] (021) 7823975

Generasi Baru, Petani Milenial

UPLAND Project, Jakarta - Indonesia adalah negara agraris yang menjadikan Sektor pertanian menjadi poros utama penggerak ekonomi Indonesia. Oleh karena itu, sektor pertanian menjadi hal yang sangat penting dan harus dijaga keberlangsungannya oleh Pemerintah Indonesia.

Hal tersebut saat ini menjadi fokus utama pemerintah yang sedang menghadapi potensi masalah besar dalam beberapa tahun ke depan. Masalah pertanian yang krusial di era sekarang juga adalah berkaitan dengan minimnya generasi petani di usia muda.

Menurut BPS, di Tahun 2021 Presentase pemuda diindonesia dengan rentang usia 16-30 Tahun yang bekerja di sektor pertanian hanya 3,95 Juta, atau sekitar 21,9% dari total Petani Diindonesia.

Hal ini cukup mengkhawatirkan, mengingat, seperti yang disampaikan diatas bahwa pertanian adalah sektor krusial di Indonesia, tetapi tidak ada SDM yang mengurusnya pada beberapa tahun kedepan.

Karena Fenomena yang terjadi sekarang adalah generasi Milenial cendrung tidak mau menjadi petani. Mereka enggan bekerja di panas-panasan, bekerja keras di ladang, dll. Ditambah lagu akses informasi di Era Milenial saat ini yang sangat memungkinkan para milenial mendapatkan pekerjaan atau skill yang menghasilkan pendapatan lebih banyak dari bertani dengan efford yang lebih sedikit.

Para orang muda juga melihat adanya resiko dalam bertani sangat besar, seperti gagal panen, kelangkaan pupuk, hama tanaman, cuaca yang tidak pasti dan lain sebagainya.  Mayoritas keluarga petani memilih menyekolahkan anaknya hingga sekolah tinggi atau sarjana sehingga semakin memperkecil kemungkinan mereka untuk terjun di dunia pertanian.

Untuk mengatasi hal tersebut, pemerintah Kementerian pertanian (Kementan) bersama pemerintah daerah mengadakan program petani Milenial.

Petani Milenial adalah program pengembangan wirausaha tani yang melibatkan petani-petani muda di bidang pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan, dan kehutanan serta korporasi/para pemangku kepentingan lain agar terciptanya ekosistem pertanian yang mandiri, maju dan berkelanjutan.

Program Petani Milenial ini bertujuan untuk menjadi salah satu usaha dalam pemulihan ekonomi masyarakat di sektor pertanian. Selain itu, program ini juga dapat digunakan untuk mengembangkan semangat kewirausahaan di kalangan generasi muda (milenial) dalam usaha pertanian dan meningkatkan produksi pangan, hortikultura, dan peternakan. Pengadaan petani milenial juga sebagai langkah dalam menanggulangi pengangguran dan menciptakan lapangan kerja sebagai salah satu langkah untuk memajukan budidaya pertanian di Indonesia.

Misalnya di Provinsi Jawa Barat, sepanjang program ini diadakan, lebih dari 8000 peserta terdaftar yang sedang dibina untuk disiapkan meneruskan sektor pertanian di Indonesia.

Jika Program ini diberlakukan secara masif di Indonesia, diharapkan pemerintah pusat akan mampu mencetak petani-petani milenial baru untuk menyelesaikan potensi masalah putusnya generasi petani di masa mendatang.

Terima kasih telah membaca artikel kami. Kami ingin mengajak Anda untuk terus menjelajahi dan memperdalam pengetahuan Anda. Temukan berita terbaru dan artikel bermanfaat dengan mengklik tautan berikut upland.psp.pertanian.go.id.