[email protected] (021) 7823975

Revolusi Sistem Pertanian Melalui Petani Milenial

UPLAND Project, JAKARTA - Meningkatkan sistem pengembangan infrastruktur pertanian untuk mendorong berkembangnya pertanian khusunya di dataran tinggi adalah salah satu inti dari terciptanya program UPLAND Project yang didukung penuh pelaksanaannya oleh Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia. 

Untuk mendukung terwujudkan cita-cita dan tujuan utama proyek UPLAND Project ini, maka sektor pertanian secara masif harus mampu kreatif dan meningkatkan produktivitas pada kinerja pertanian. Hal tersebut juga dapat diupayakan memalui dorongan pengoptimalisasi Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada dan terus diregenerasi. 

Dalam hal ini, menciptakan petani muda atau petani milenial menjadi sebuah keniscayaan yang harus pemerintah daerah maupun pusat lakukan. Minimnya minat pemuda untuk dapat meneruskan profesi pada sektor pertanian dapat mengakibatkan berhentinya perputaran perekonomian Indonesia di masa mendatang karena sudah tidak ada lagi yang mampu memproduksi bahan pangan melalui pertanian. 

Oleh karena itu, agar kreativitas dan inovasi di sektor pertanian dapat berjalan secara optimal, maka perlu mengikutsertakan petani milenial. Berbicara inovasi dengan pemanfaatan teknologi maka perlu melibatkan peran para milenial secara intensif. 

Kehadiran petani milenial ini diharapkan tidak hanya sebagai petani, tetapi juga dapat berperan memainkan peran penting sebagai CEO korporasi-korporasi petani yang ada di daerahnya masing-masing. 

Selain itu, kehadiran petani milenial ini juga diharapkan dapat menginsipirasi entitas pertanian agar melakukan perubahan cara/tools/metode dalam ekosistem pertanian. Melalui hal tersebut, pemasaran digital dan konsumen cerdas yang melek digital akan mewarnai konsumen masa depan. Pola pemasaran yang dilakukan para petani tidak lagi konvensional, tetapi dapat berbasis platform. Konsumen produk pertanian akan menggunakan platform melalui telepon pintar dalam membeli produk baik untuk memilih produk atau menelusuri asal usul dari produk yang diproduksi.

Yang tidak kalah penting dari upaya menghadirkan petani milenial ini adalah membuka paradigma milenial bahwa sektor pertanian juga sangat menjanjikan dan merupakan sektor yang sangat menjanjikan. Petani milenial diharapkan dapat mampu mengembangkan potensi pertanial di daerah masing-masing dan tidak harus pergi ke luar kota untuk mencari pekerjaan.