[email protected] (021) 7823975

Pintar Menabung Untuk Keluarga Petani

UPLAND Project, Jakarta - Pintar menabung merupakan langkah yang bijak bagi setiap keluarga, termasuk keluarga petani. Menabung dapat membantu menghadapi tentangan ekonomi yang mungkin muncul dan memberikan keamanan finansial.

Badan Pusat Statistik (BPS) 2022, menunjukkan pertanian merupakan salah satu sektor yang menyerap banyak tenaga kerja terbesar di Indonesia, yakni 29,96 persen dari 135,3 juta penduduk atauu sekitar 40,64 juta orang.

Data tersebut menunjukkan potensi besar bagi para petani dapat meraup keuntungan dengan mengembangkan usaha tani.

Misalnya bagi para petani padi yang rata-rata memiliki luas lahan 0,4 ha, memerlukan modal usaha sekitar Rp. 5 juta per musim. Pada petani kecil, seringkali mereka kesulitan untuk mendapat modal atau pinjaman modal.

Hal ini semakin menunjukkan pentingnya bagi para keluarga petani untuk dapat mulai memiliki kemampuan menabung dari hasil usaha tani mereka secara sistematis, sebagai bagian dari usaha pemupukan modal internal petani dan kelompok tani. Modal dasar berupa budaya gotong royong dalam hal ini sangat mungkin dilakukan untuk menjamin keberlanjutan usaha tani.

Dengan menabung, para petani bisa memiliki dana darurat yang dapat digunakan untuk mengatasi dampak negative yang mungkin timbul akibat kerugian hasil pertanian atau kejadian darurat lainnya.

Hasil tabungan petani juga dapat digunakan untuk memenuhi modal yang diperlukan dan melakukan investasi dalam usaha pertanian, termasuk pembelian benih, pupuk, dan peralahan pertanian.

Bagi keluarga tani, dana pertanian dapat digunakan untuk mendukung Pendidikan anak-anak petani dan memenuhi kebutuhan Kesehatan keluarga.  Selain itu, keberadaan tabungan memberikan kemampuan kepada petani untuk merawat peralatan pertanian secara teratur, menghadapi fluktuasi harga komoditas.

Menabung mencerminkan bahwa petani juga dapat memiliki sumber dana finansial yang stabil dan dapat diandalkan dalam menghadapi tantangan yang terikat dengan pertanian. Dengan memiliki tabungan, petani dapat meminimalisir resiko, mengembangkan usaha dan memberikan keamanan finansial bagi keluarga.

Terima kasih telah membaca artikel kami. Kami ingin mengajak Anda untuk terus menjelajahi dan memperdalam pengetahuan Anda. Temukan berita terbaru dan artikel bermanfaat dengan mengklik tautan berikut upland.psp.pertanian.go.id.