[email protected] (021) 7823975

Penyemprotan Drone. Optimalisasi Sistem Pertanian Modern

UPLAND Project, Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman hingga saat ini terus mendorong peningkatan alat dan mesin pertanian (alsintan) di Indonesia.

Salah satu yang dapat dijadikan contoh adalah penyemprotan tanaman menggunakan sistem canggih, yaitu drone. Menyemprot tanaman menggunakan drone memudahkan para petani khususnya petani milenial untuk dapat mengoptimalkan produktivitas pertanian dan efisiensi waktu.

Alat ini bekerja secara otomatis dan tidak perlu dioperasikan oleh manusia dalam jarak dekat. Penyemprotan dengan menggunakan teknologi drone, atau disebut juga pertanian drone, merupakan inovasi yang berkembang untuk meningkatkan efisiensi dalam sektor pertanian. Drone pertanian dilengkapi dengan peralatan penyemprot yang memungkinkan mereka untuk menyemprot pertisida, pupuk, atau bahan kimia pertanian lainnya secara presisi ke arah pertanian yang ditentukan.

Penyempotan teknologi drone dalam pertanian juga dapat mengatasi tantangan topografi yang sulit dijangkau para petani, misalnya pada pertanian di daerah dataran tinggi. Dengan penyemprotan menggunakan teknologi drone, maka para petani dapat menjangkau area yang sulit dijangkau oleh mesin penyemprot konvensional, seperti lereng curam atau lahan yang terpisah.

Selain efisiensi waktu dan hemat biaya, penggunaan drone juga dapat memberikan manfaat lingkungan dengan mengurangi resiko kesehatan terkait dengan paparan langsung pertisida.

Sayangnya, tekonokogi drone masih sulit dijangkau oleh para petani di pedesaan. Hal ini dikarenakan harga alat drone masih cukup mahal bagi para petani.

Meskipun masih dalam tahap pengembangan, teknologi penyemprotan pertanian dengan drone menjanjikan potensi besar dalam meningkatkan produktivitas pertanian secara berkelanjutan dan efisien. Keberlanjutan ini mencakup penggunaan sumber daya yang lebih sedikit, pengurangan limbah, dan pengoptimalan proses pertanian untuk mendukung kebutuhan pangan yang terus berkembang. 

Terima kasih telah membaca artikel kami. Kami ingin mengajak Anda untuk terus menjelajahi dan memperdalam pengetahuan Anda. Temukan berita terbaru dan artikel bermanfaat dengan mengklik tautan berikut upland.psp.pertanian.go.id.