[email protected] (021) 7823975

Jalan Usaha Tani (JUT) UPLAND Project

UPLAND Project, Jakarta - Komoditas pertanian menjadi komoditas yang potensial untuk dikembangkan. Melalui produktivitas pertanian yang baik, masyarakat dapat meningkatkan produksi tani yang lebih baik lagi.

Di Indonesia sendiri, usaha tani masih memiliki banyak kendala, seperti keterbatasan pengguna sarana produksi, alat dan mesin pertanian dan minimnya regenerasi petani di daerah-daerah. Hal tersebut disebabkan juga karena kurang memadainya jalan usaha tani yang dimiliki masyarakat.

Dalam mengatasi hal tersebut, Kementerian pertanian (kementan) bersama UPLAND Project terus melakukan pembangunan infrastruktur Jalan Usaha Tani (JUT) di sejumlah kelompok tani dari 13 kabupaten yang menjadi daerah pelaksanaan UPLAND Project.

JUT merupakan prasarana transportasi pada kawasan pertanian (tanaman pangan, hortikutura, perkebunan rakyat, dan peternakan) untuk memperlancar mobilitas alat mesin pertanian (alsintan), pengangkutan sarana produksi menuju lahan pertanian dan mengangkut hasil produk pertanian dari lahan menuju tempat penyimpanan pengolahan atau pasar.

Menteri Pertanin (Mentan), Andi Amran Sulaiman mengatakan, Jalan Usaha Tani (JUT) sebagai salah satu program strategis yang dilakukan oleh Diektorat Jendral (Ditjen) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP), JUT dilakukan untuk memudahkan akses petani dalam memperluas jalur distribusi pertanian.

Jalan Usaha Tani (JUT) penting dilakukan dalam beberapa aspek. Pertama aspek sosial, JUT dapat membuka katerisoliran masyarakat terhadap daerah sekitar. Kedua, aspek ekonomi yaitu adanya JUT untuk mengatasi biaya transportasi yang tinggi akibat minimnya akses angkutan dari lahan pertanian ke sarana produksi. Ketiga, aspek lingkungan, yakni sebagai peningkatan kualitas jalan dan mencegah terjadinya longsor.

Hal tersebut telah menjadi fokus dari beberapa proyek pembangunan infrastruktur UPLAND Project dalam beberapa tahun ini. Jalan Usaha Tani (JUT) ditujukan untuk mempermudah akses pertanian dan memperluas jalur distribusi pertanian, serta meningkatkan gaji dan pendapatan para petani di setiap daerah.

Terima kasih telah membaca artikel kami. Kami ingin mengajak Anda untuk terus menjelajahi dan memperdalam pengetahuan Anda. Temukan berita terbaru dan artikel bermanfaat dengan mengklik tautan berikut upland.psp.pertanian.go.id.