[email protected] (021) 7823975

Terapkan Sprinkler Irrigation, Petani Bawang Merah UPLAND Project Akui Lebih Efektif

UPLAND Project, Sumenep – Kelompok usaha tani bawang merah varietas rubaru UPLAND Project di Desa Bunbarat, Kecamatan Rubaru Kabupaten Sumenep merasa lebih efektif dalam penggunaan air setelah menerapkan metode pengaliran sprinkler irrigation atau irigasi curah dibanding sebelunya yang menggunakan metode manual. 

“Sumber air di sini terbatas. Apalagi di saat musim kemarau seperti ini. Keberadaan air bagi tanaman sangat penting,” ujar Ketua Kelompok Tani Sumber Telas, Masrito, dikutip Selasa (3/10/2023).

Dengan adanya instalasi irigasi sprinkler di lahannya yang seluas 0,3 Ha ini, Masrito merasa sangat terbantu. Pasalnya tanaman bawang merah varietas rubaru yang ia tanam dapat tumbuh dengan baik karena kebutuhan airnya terpenuhi. Hasil panennya mencapai 11,35 ton/ha.

"Bagi kami, ini adalah hasil panen yang memuaskan. Mengingat kami tak susah-susah menyiram sendiri bawang merah varietas rubaru di lahan kami," tambahnya.

Biasanya Masrito perlu dua tenaga kerja untuk melakukan penyiraman manual. Dan perlu waktu hingga setengah hari. Dengan irigasi sprinkler, kini dia hanya perlu waktu 2,5 jam saja tanpa bantuan tenaga kerja tambahan.

“Bisa hemat biaya tenaga kerja,” urainya bahagia.

Irigasi sprinkler sendiri mengikuti konsep curah hujan. Air dialirkan melalui pipa-pipa kemudian dipancarkan di sekeliling tanaman dengan menggunakan mesin pompa. Aliran air bisa diatur sesuai kebutuhan dan bisa dihentikan ketika proses penyiraman selesai.

“Jadi tidak ada air yang terbuang percuma,” bebernya.

Mengingat belum banyaknya petani yang menggunakan irigasi sprinkler, Koordinator Penyuluh (Korluh) Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Rubaru, Syaiful Hidayat mengaku terus berupaya untuk menularkan metode tersebut ke petani di sekitarnya.

"Kami juga akan ikut serta memberi sosialisasi agar metode ini terus diikuti oleh petani di Kecamatan Rubaru," ujar pria yang akrab disapa Asep ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Sumenep Arif Firmanto mengapresiasi langkah petani yang responsif mengaplikasikan metode-metode modern dalam bidang pertanian.

"Hal tersebut sesuai dengan tujuan untuk membangun pertanian negeri yang maju dan modern," tegasnya.

Terima kasih telah membaca berita kami. Kami ingin mengajak Anda untuk terus menjelajahi dan memperdalam pengetahuan Anda. Temukan berita terbaru dan artikel bermanfaat dengan mengklik tautan berikut https://upland.psp.pertanian.go.id/artikel/1695706176/pengolahan-lahan-dataran-tinggi-untuk-budidaya-bawang-merah